CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 18 November 2012

Sus vanilla

Suamiku seneng banget yang namanya kue Sus ini. Sebenernya sih aku juga sama kueh ini,, mmmyummi gitu kalo fla dalemnya lembut n kerasa banget susu nya,,, enaaaak,,,, tiap coba bikin selalu gak berhasil berasa ada yang kurang gitu,, manis fla nya aneh,,, fla nya terlalu kental,, ah poko nya,,, alhasil,, tanya-tanya aja deh sama kakak sepupu yang jago banget bikin kue sus,, jago banget di sini maksudnya eeeenaaaaaaaak banget kue sus buatannya... tapi,, berhubung aku punya penyakit pelupa,, yang aku hafal cuma di campur whipped cream dan susu kental manis,,, yang laen nya gak aku inget,,, hihihi,,, akhirnya bikin kue sus pake resep campur-campur,, comot resep sana comot resep sini,,, semua di campur aduk,,, Nah ini resep kue sus yang semalam aku buat :

Kulit kue nya :

mentega 150gr
terigu 150gr ( cakra 100gr + segitiga 50gr)
air 150ml + susu cair 50ml (katanya biar warna kulit nya cuantik)
4 butir telor
1/4 sdt garam

*komposisi ini di dapat dari yenni's cake blog

cara buat nya ;
1. Didihkan air, susu dan mentega, kecilkan api, masukkan tepung terigu sekaligus.
2. Aduk sampai licin dan tidak lengket di panci. Angkat, biarkan hangat.
(biar cepet dinginnya aku mixer aja adonannya, katanya sih biar uap panas nya cepat hilang dari adonan. sampai adonan hangat atau suam-suam kuku. Jangan masukan telor jika adonan masih panas, soalnya nanti telor nya mateng dan gak akan mengembang dengan sempurnaaa)
3. Masukkan telur satu persatu aduk dengan sendok kayu sampai licin. (Kalo buat banyak aduknya pake mikser ya biar gak capek dan cepet nyampur).
4. Cetak adonan kulit nya pake spuit bintang di loyang.
5. Panggang deh, aku bakar di oven dengan suhu 180 derajat selama 40 menit. Sebenernya sih gak patokan ya yang penting terlihat coklat dan busa-busa nya sedikit. Jika sudah matang biarkan saja dulu di oven biar mengering.
jadi deeeh,,,
 
buat Fla nya :
 
tetep masih pake komposisi yenni's cake blog
 
400 mL susu cair (aku pake ultra)
100 gr gula pasir
70 gr tepung maizena
2 bt kuning telur
1 sdm mentega
1 sdt extrak vanilla (bisa pake essense vanili)
 
Cara buat fla nya 
cairkan tepung maizena, kuning telur dan susu aduk sampai licin dan tepung semuanya larut.
Masak susu, gula dengan api kecil sambil diaduk2 pake ballon whisk sampai gula larut. Kecilkan api.
Masukkan larutan maizena, aduk2 cepat sampai menjadi vla yang lembut. Matikan api. Masukkan mentega, aduk sampai mentega leleh dan menyatu. Biarkan sebentar.
Masukkan vanilla, aduk2 sesekali sampai dingin supaya vla mengkilat dan lembut. Siap untuk isian
 
hasil yang aku bikin pake resep ini tapi sangat kental dan padat fla nya dan manisnya itu dari gula kurang terasa susu nya (mungkin aku ada yang salah di cara pembuatannya kali yaaaa ). Sedangkan aku pengen agak-agak cair tapi masih tetep kental dan susu nya lebih berasa. Jadi akhirnya aku modif dengan resep kaka sepupu aku.
 
fla yang sudah jadi aku godok lagi,, dan di tambah susu ultra lagi dan susu kental manis.. hahahaha,,,, agak sedikit ngarang tapi ahirnya berhasil rasa yang aku mau.... didihkan sampe mengental lagi,,,,
 
kocok whipped cream bubuk + air es dengan mixer kecepatan tinggi. kemudian di campur di aduk sama fla yang sudah di buat,,, hasil nya yummmy deh fla nya,, gak enek,,,
 
udah gitu sih ya udah masukin aja isi fla nya ke kue sus nya,,,,
 
nih penampakannya :
 
 

sus made by me

keranjingan juga nih narees,,,
 

0 komentar:

Posting Komentar